Current Issue

Vol 3 (2020): Seni, Tenologi, dan Masyarakat #5

SeniĀ  teknologi dan masyarkat dewasa ini telah menyatu dalam praktik penelitian dan pengabdian masyarakat di perguruan tinggi seni. Tidak ada lagi jarak antara praktik seni dengan teknologi, terutama dengan masyarakat. Pemisahan antara disiplin sain dan teknologi dengan sosial, humaniora, dan seni tidak lagi populer saat ini. Praktek seni sudah seharusnya melebur dan kehadirannya mewarnai teknologi dan masyarakat. Seni tidak lagi terbatas menjadi menara gading yang berlindung dibalik kredo seni untuk seni.

Kehadiran seni semakin diperlukan dalam dunia yang kian berlari menuju kecanggihan teknologi. Seni telah membuktikan hal tersebut dengan munculnya disiplin-disiplinĀ  baru dalam ilmu pengetahuan seperti disiplin desain, kajian budaya, dan sebagainya. Dengan demikian terjadilah dialog antar disiplin yang memungkinkan seni memberi manfaat pada pemajuan kebudayaan dan perkembangan peradaban.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Seni Indonesia Surakarta konsisten mewadahi praktik seni dalam penelitian dan pengabdian masyarakat dengan perspektif yang lebih holistik. Seni dikembangkan tidak terpisah dari masyarakat dengan segala dinamikanya dan dikembangkan untuk pemajuan kebudayaan.

Published: 2021-02-17

Articles

View All Issues