STRATEGI BRANDING PRODUK KERAMIK MOZAIK BERNUANSA LOKAL SEBAGAI ELEMEN ESTETIS DINDING

  • Henri Cholis Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
  • prima Yustana Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
Keywords: Keramik mozaik, branding produk.

Abstract

Artikel ini merupakan hasil dari penelitian tahun kedua Studi Pembuatan Model Keramik Mozaik Sebagai Elemen Estetis Dinding Bernuansa Lokal yang fokus pada aplikasi keramik mozaik dalam bentuk prototipe dan sekaligus studi strategi brandingnya. Elemen-elemen yang akan diteliti antara lain adalah pembuatan desain kemasan produk keramik mozaik dengan mempertimbangkan 10 prinsip desain produk industri yang baik, yaitu inovatif, fungsi-guna, estetika, mudah dipahami, jujur, uptodate, detil, nyaman di mata, dan ramah lingkungan.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, studi pustaka, studi referensi dan wawancara mendalam yang terus berkembang sesuai dengan jalannya penelitian. Seluruh data yang diperoleh, dikelompokkan sesuai dengan teknik pengumpulan data dan bidang permasalahan sesuai dengan rumusan penelitian. Data tersebut kemudian dicross check untuk dicari kesamaan-kesamaannya. Hasil kesamaan pernyataan dan temuan lapangan (hasil observasi) tersebut yang kemudian dianggap oleh peneliti sebagai data penelitian yang valid, dan hanya data yang valid inilah yang dianalis dan dikembangkan menjadi kesimpulan oleh peneliti. Simpulan inilah yang menjadi dasar proses penciptaan prototype kemasan dan branding produk. Penelitian ini menghasilkan luaran yang berbentuk artikel ilmiah dalam jurnal nasional, HAKI dari produk seni mozaik, prototype kemasan produk keramik mozaik bermuatan lokal dan beberapa bentuk strategi pemasaran yaitu varian branding (x-banner, brosure).

Published
2019-08-28