REVITALISASI PASAR TRADISIONAL PUCANG SAWIT SEBAGAI CANGWIT CREATIVE SPACE
Abstract
Tujuan Penelitian Dosen Pemula ini yaitu: Mengidentifikasi dan memetakan dampak kebijakan DPP Pemkot Surakarta pada revitalisasi Pasar Pucang Sawit menjadi Cangwit Creative Space terhadap pola zonasi ruang dan tata display produk serta pengelolaannya terhadap aktivitas komunitas kreatif serta membuat alternatif desain pola zonasi Cangwit Creative Space dengan aktivitas pasar di lantai satu sebagai satu kesatuan ruang publik kota yang berkonsep pasar kreatif.Metode penelitian yaitu analitik deskriptif, dengan pendekatan fenomenologi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak kebijakan dari regulasi DPP Pemkot Surakarta belum bisa sepenuhnya menghidupkan kondisi pasar Pucang Sawit. Munculnya Cangwit Creative Space yang diresmikan tanggal 21 Nopember 2015 sesaat mampu menghidupkan kondisi Pasar Pucang Sawit dan hingga tahun 2017 benar-benar vakum tanpa kegiatan apapapun. Keberlanjutan Cangwit Creative Space akan dihidupkan dengan salah satu alternatif bentuk zonasi ruang yang baru yaitu dengan pembenahan dan penambahan: Zona Pengelola, Zona Co-Working Space , Zona Penjualan dan Display, Zona Pembinaan bagi para pedagang, dan Zona Khusus untuk kepentingan negosiasi bisnis.