Slamet NILAI-NILAI MULTIKULTURAL: PERSPEKTIF FALSAFAH PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) urgensi pendidikan multikultur dalam
negara-bangsa yang plural; 2) kebijakan implementasi multikulturalisme dalam institusi pendidikan; dan 3)
nilai-nilai multikultural sebagai penjabaran dari falsafah Pancasila sebagai dasar negara. Jenis penelitian didesain
menggunakan penelitian deskriptif, sedangkan bentuk penelitian digunakan analisis isi (content analysis),
sehingga pelaksanaannya mengacu pada prosedur analisis isi. Hasil kajian dapat disimpulkan bahwa penanaman
nilai-nilai multikultural dalam institusi pendidikan dapat “dititipkan” pada mata pelajaran Sejarah, PPKn, dan
Agama, selain melalui kegikatan ekstrakurikuler. Pendidikan multikultural perlu terus dilakukan pendalamannya
secara komprehensif, sehingga tidak stagnan hanya terbatas pada sebuah wacana tetapi dapat
diimplementasikan ke dalam institusi pendidikan.